Sabtu, 27 Maret 2010

TRANSFORMASION DIAGRAMS(CCT & TTT)


Ada dua jenis utama transformasi diagram yang membantu dalam memilih optimal pengolahan baja dan rute untuk mencapai himpunan properti. Ini adalah waktu-suhu transformasi (TTT) dan pendinginan kontinu transformasi (CCT) diagram. CCT diagram umumnya lebih cocok untuk aplikasi rekayasa komponen didinginkan (udara dingin, tanur didinginkan, dikuens dll) dari sebuah pemrosesan temperatur seperti ini lebih ekonomis daripada pindah ke tungku yang terpisah untuk perawatan isotermal.


Sisa-suhu transformasi (TTT) diagram

mengukur laju transformasi pada temperatur konstan. Dengan kata lain sampel adalah austenitised dan kemudian didinginkan dengan cepat ke suhu yang lebih rendah dan suhu yang diadakan di sementara laju transformasi diukur, misalnya dengan dilatometry. Jelas sejumlah besar percobaan diperlukan untuk membangun sebuah diagram TTT lengkap.


Continuous pendinginan transformasi (CCT) diagram


mengukur sejauh mana transformasi sebagai fungsi waktu untuk suhu yang terus menurun. Dengan kata lain sampel adalah austenitised dan kemudian didinginkan pada tingkat yang telah ditetapkan dan derajat transformasi diukur, misalnya dengan dilatometry. Jelas sejumlah besar percobaan diperlukan untuk membangun sebuah diagram CCT lengkap.

seperti yang mungkin Anda harapkan ada pengaruh yang signifikan komposisi pada diagram TTT dan CCT. Anda dapat memeriksa pengaruh komposisi (dan ukuran butir) pada kemampukerasan dengan membaca bagian tentang Quench Jominy Tes.

Contoh:

  • Peningkatan kandungan karbon menggeser CCT dan TTT kurva ke kanan (ini sesuai dengan kenaikan kemampukerasan untuk meningkatkan kemudahan pembentukan martensit - yaitu tingkat pendinginan yang diperlukan untuk mencapai martensit kurang berat).
  • Peningkatan kandungan karbon martensit mulai menurunkan suhu.
  • Peningkatan konten Mo menggeser CCT dan TTT kurva ke kanan dan juga memisahkan ferit + perlit kawasan dari kawasan bainit membuat pencapaian struktur bainitic lebih terkendali.

1 komentar: